Cara Mendaftar Haji Reguler

*Edisi Tahun 2017*

Gambar diambil di sini

Assalamu'alaikum...

Disini saya mau berbagi pengalaman cara mendaftar haji reguler yang alhamdulillah telah kami lakukan beberapa waktu yang lalu, kira-kira persyaratan administrasi apa saja yang perlu disiapkan dan langkah apa saja yang harus dilakukan. Tulisan ini murni untuk share pengalaman ya, semoga bermanfaat :)

1. PERSYARATAN PENDAFTARAN
    • Beragama Islam
    • Berusia minimal 12 tahun pada saat mendaftar
    • Bagi yang sudah pernah haji bisa mendaftar kembali setelah 10 tahun dari tahun keberangkatan haji terakhir
    • KTP yang masih berlaku sesuai domisili atau bukti identitas yang sah
    • Kartu Keluarga
    • Akte Kelahiran atau surat kenal lahir atau kutipan akta nikah atau ijazah (pilih salah satu)
    • Pas foto terbaru berwarna 3x4 = 12 lembar dan 4x6 = 3 lembar (jumlah foto ini sudah dikalkulasi untuk keperluan di Bank maupun di Kemenag, rincian ada di bawah ya) dengan latar belakang putih dengan ketentuan :
    a. Warna baju/kerudung harus kontras dengan latar belakang
    b. Tidak memakai pakaian dinas
    c. Tidak memakai kacamata
    d. Tampak wajah minimal 80 persen
    d. Bagi jamaah haji wanita menggunakan busana muslimah
    -          
    • Gubernur dapat menambahkan persyaratan berupa surat keterangan domisili (yang ini kemarin saya tidak diminta)

    2. PROSEDUR PENDAFTARAN
    •  BANK PENERIMA SETORAN BPIH (BPS-BPIH)
    • Membuka rekening tabungan Haji dengan setoran minimal Rp 25.000.000 WAJIB di Bank Syariah
    • Datang ke bank pagi-pagi, untuk menghindari antrian yang cukup panjang. Menuju Customer Service dan menyampaikan akan membuka rekening setoran Haji. Terimakasih Bank Mandiri Syari’ah Cabang Kotagede yang pelayanannya bagus, disediakan tempat sholat yang nyaman, dan kita hanya perlu duduk manis menunggu dan tanda tangan beberapa berkas
    • Selain membawa dana sebesar Rp 25.000.000 dan Rp 100.000 (untuk saldo di buku tabungan, mungkin lain bank lain jumlah minimal saldonya ya) kita juga akan dimintai beberapa berkas diantaranya: 
      • Pas Foto berwarna dengan background warna putih, tampak wajah 80%, ukuran 3x4 = 5 lembar, 4x6 = 1 lembar
      • Membawa data diri KTP (KTP Asli dibawa), Kartu Keluarga, Akta Nikah/ Akta Lahir/ Ijazah (bisa salah satu saja), Kartu NPWP (jika ada). Masing-masing  di copy satu lembar.  
          Setelah proses pembukaan rekening selesai, akan diterbitkan Nomor Validasi. Kita akan dikasih selembar Tanda Bukti Setoran Awal Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) untuk arsip dan untuk dibawa ke Kantor Kemenag. Masa Berlaku Nomor Validasi adalah lima hari terhitung setelah terima dari bank, jadi lebih baik setelah mendapatkan Nomor Validasi langsung menuju Kantor Kemenag untuk proses selanjutnya.


    3.  KANTOR KEMENAG Sesuai Domisili KTP

    Untuk yang berdomisili di Yogyakarta Kota, bisa datang di alamat Jl. Ki Mangun Sarkoro No. 43 A Yogyakarta.

    Jadi yang harus dibawa:
    • Siapkan KTP, Kartu Keluarga, Akta Nikah/ Akta Lahir/ Ijazah (bisa salah satu saja) ASLI dan Fotocopy. Fotocopy masing-masing 3 lembar
    • Menyerahkan Lembar Bukti Setoran Awal BPIH yang dari bank tadi
    • Menyerahkan Pas Foto sesuai kriteria yang sudah disebutkan diatas dengan ukuran 3x4 = 6 lembar dan 4x6 = 2 lembar
    • Calon jamaah haji WAJIB hadir untuk proses wawancara, pengambilan foto dan rekam sidik jari
    • Proses wawancara masuk ke ruangan satu-persatu, hanya mencocokan data yang sudah diinput oleh Bank (data sudah terintegrasi) dan penambahan beberapa data saja
    • Setelah berkas lengkap dan proses wawancara, pengambilan foto dan sidik jari selesai, maka proses pendaftaran haji telah selesai. Dan calon jamaah haji mendapatkan 1 lembar berkas SPPH yang didalamnya ada nomor porsi. Simpan baik-baik ya, jika perlu di scan untuk jaga-jaga karena jadwal keberangkatan jika sesuai aturan saat ini (di Kota Yogyakarta tahun 2017) adalah dua puluh satu tahun, tapi jika sesuai kehendak Allah kita tidak ada yang tau yaaa... Jadi simpan baik-baik lembar nomor porsi, yang bisa kita cek sewaktu-waktu melalui official website Kemenag. Siapa tau antrian kita maju kan ya? Siapa tau.. 💖
    • Dan proses pelunasan dilakukan pada saat porsi haji akan diberangkatkan
    -
    Sebagai tambahan informasi, bank-bank apa saja yang sudah bekerjasama sebagai bank penerima setoran haji, adalah sbb (untuk Kota Yogyakarta) :
    1.       BNI Syariah
    2.       BRI Syariah
    3.       Bank Syariah Mandiri
    4.       Bank Muamalat
    5.       Bank Mega Syariah
    6.       Bank BTN Syariah
    7.       Bank Permata Syariah
    8.       Bank CIM-Niaga Syariah
    9.       Bank Panin Syariah

    Demikianlah syarat-syarat dan langkah yang harus dilakukan untuk mendaftarkan haji reguler (Edisi tahun 2017). Seiring berjalannya waktu mungkin akan berubah aturannya. Dan semoga semakin tahun tidak semakin lama daftar tunggunya... aamiin.

    Mendaftar haji adalah salah satu target yang ingin kami wujudkan di tahun 2017? Kok baru tahun 2017? Karena masalah terbesar kami waktu itu adalah KTP kami masih berbeda domisili. Sehingga hal yang perlu diberesin terlebih dahulu adalah pindah KTP. Dan memang kalau gak bisa meluangkan waktu dan energi buat ngurus pindah KTP yang agak melelahkan itu gak bakal pindah-pindah dan cita-cita daftar haji pun akan tertunda terus.

    Alhamdulillah akhirnya sekarang suami resmi jadi orang Jogja, yeeey 😄

    Alhamdulillah akhirnya saya dan suami sudah terdaftar sebagai calon jamaah Haji Kota Yogyakarta 💖

    Semoga tulisan ini bermanfaat ya, tidak ada maksud apapun kecuali ingin berbagi kok ✌.

    Meskipun daftar tunggu masih puluhan tahun lamanya, tidak ada salahnya untuk mendaftar haji sesegera mungkin. Saya saja nyesel kenapa dulu gak disempet-sempetin ngurus KTP nya. Soal rezeki kami gak pernah kuatir bakalan gak punya tabungan lagi, gak pernah kuatir makan tempe kerupuk doang, gak pernah kuatir gak punya mobil mewah, gak pernah kuatir gak bisa beli perhiasan, gak pernah kuatir gak bisa liburan ke luar negeri (lagi) hehe.

    Berdoa yang terbaik, serahkan pada Allah kapan waktu yang terbaik untuk menunaikan Rukun Islam yang ke-lima. Semoga rezeki dan kesehatan selalu menyertai, sambil menunggu panggilan haji reguler, mari semangat menabung untuk haji khusus (plus). Gak bisa dipungkiri, bagaimanapun caranya, saya dan suami akan terus berusaha agar bisa sampai ke Tanah Suci untuk berhaji. Selanjutnya kembali lagi kepada keputusan terbaik Allah... Mau haji reguler atau khusus, yang terpenting adalah usaha, doa dan ikhtiar.

    Semoga yang belum berhaji, akan segera dipanggil dalam waktu dan keadaan terbaik. Aamiin. Saling mendoakan yaa 💖
     
    Be First to Post Comment !
    Post a Comment

    Custom Post Signature

    Custom Post  Signature
    ------- I R V I -------