Mempersiapkan Diri Memberikan ASI Dengan Menyenangkan

[SPONSORED POST]




***

Sembilan Puluh Persen sukses menyusui adalah berasal dari niat dan tekad yang bulat dari seorang Ibu. Sedangkan Sepuluh Persennya adalah dari produksi ASI itu sendiri. Jadi, tidak ada alasan untuk tidak mau menyusui buah hatinya karena produksi ASI yang sedikit.
Tuhan sudah menyiapkan cairan dengan komposisi dan takaran yang begitu sempurna dari seorang Ibu. Yaitu ASI. Air Susu Ibu, nutrisi terbaik untuk mendukung proses tumbuh kembang anak.

Kendala lain selain alasan karena produksi ASI yang sedikit, sering kali seorang Ibu "malas" menyusui anaknya karena repot. Repot pumping, repot bangun malam sampai repot soal pakaian yang nyaman untuk menyusui namun bisa tetap modis dan stylist.

Berhasil menyusui dua anak sampai dengan usia dua tahun, memang menjadi cerita indah tersendiri bagi saya. Tapi bukan berarti saya kemudian lupa dan tidak mempersiapkan diri untuk memberikan ASI untuk calon anak ketiga saya yang saat ini masih dalam kandungan ya, saya tetap mempersiapkan yang terbaik dan meng-update informasi tentang menyusui 😊.

Sebenarnya apa saja sih yang bisa kita siapkan sejak kehamilan agar berhasil memberikan ASI dengan menyenangkan? Berikut ini saya mencoba berbagi pengalaman bagaimana saya bisa menyusui kedua buah hati saya sampai dua tahun dengan menyenangkan.

Baca juga : Menang Lomba Pekan ASI Sedunia Tahun 2015

  1. Niat. Seperti yang sudah saya singgung di atas, bahwa keberhasilan menyusui sebenarnya tergantung niatnya. Tanamkan kemauan dan niat yang tulus, bahwa saya akan menyusui anak saya dengan menyenangkan. Sehingga afirmasi positif tersebut akan terus tertanam sampai proses menyusui itu benar-benar tiba.
  2. Mau belajar dan mencari informasi tentang laktasi. Mencari tau bagaimana pentingnya ASI, bagaimana cara menyusui yang benar, bagaimana cara pumping dan bagaimana manajemen ASI Perah bagi ibu bekerja dan lain sebagainya. Caranya sangat mudah, sekarang artikel yang memuat informasi tentang ASI sudah sangat banyak di internet maupun sosial media. Atau kita bisa bergabung dalam forum, komunitas dan group tentang laktasi.
  3. Mengajak pasangan dan keluarga juga lingkungan di sekitar untuk mendukung proses menyusui. Dukungan dari orang-orang terdekat ternyata sangat mempengaruhi suksesnya proses menyusui. Biasanya, di awal-awal kelahiran, sebagian Ibu dan bayinya masih kesulitan beradaptasi dengan kondisi yang baru. ASI belum keluar, payudara Ibu terluka karena salah posisi dalam menyusui, bayi menangis siang malam karena ASI yang keluar belum banyak. Dukungan dari orang-orang di sekitar inilah yang bisa menguatkan kita di saat kondisi rawan tersebut. Karena proses menyusui tidak hanya hubungan antara Ibu dan Anak, tetapi juga Ayah, Kakek, Nenek, Kakak, dan orang-orang di sekitar kita. Jadi, dukungan orang-orang terdekat ini sangat penting.
  4. Memiliki kontak konselor laktasi. Setiap proses kelahiran memiliki kondisi dan cerita yang berbeda. Tidak semua Ibu langsung bisa menyusui bayinya dengan benar. Inilah pentingnya mencari tau tentang laktasi dari awal kehamilan. Terkadang ilmu belajar dari artikel saja tidak cukup, kita perlu bertatap muka langsung atau sekedar berbagi tips dan pengalaman dengan orang-orang yang sudah berkompeten di bidangnya. Konselor Laktasi misalnya. Sekarang hampir di setiap kota di penjuru nusantara sudah tersebar para relawan konselor laktasi, yang sewaktu-waktu dapat membantu para Ibu Menyusui jika menemukan kendala pada saat proses menyusui. Jadi, gak ada salahnya kalau kita juga mengenal atau memiliki kontak para konselor laktasi tersebut, jika sewaktu-waktu kita membutuhkannya sehingga bisa membantu mengatasi persoalan laktasi lebih cepat.
  5. Membeli perlengkapan menyusui. Barang-barang ini ternyata dapat mempermudah proses menyusui. Misalnya, breatspump atau pompa ASI. Berguna untuk mempompa ASI untuk memperlancar produksi ASI. Meskipun Ibu tidak selalu meninggalkan bayinya karena tidak bekerja di luar rumah, tapi pumping atau memompa ASI tetap baik untuk dilakukan. Karena semakin banyak ASI yang dikeluarkan maka semakin banyak pula ASI yang diproduksi. Misalnya, ketika bayi masih tertidur pulas, dan payudara sudah terasa penuh, maka jangan malas untuk mempompanya. Dan breastpump ini sangat membantu para Ibu yang kesulitan memerah menggunakan tangan seperti saya. Selain breastpump, BRA menyusui juga sangat penting. Fungsinya agar mempermudah proses menyusui karena memiliki akses buka tutup di payudara. Sehingga ketika bayi sudah lapar dan haus, Ibu tidak terlalu lama untuk mempersiapkan proses menyusuinya. Selain BRA, yang tidak kalah penting adalah baju menyusui. Memilih baju yang nyaman untuk menyusui sekarang ini gampang-gampang-susah. Seringkali soal baju menjadi persoalan besar bagi sebagian Ibu karena khawatir gak bisa tampil modis karena terbatasnya model baju menyusui yang kekinian. Nah baju menyusui yang seperti apa ya yang kira-kira bisa kita pertimbangkan agar proses menyusui terasa nyaman, senang, dan tetap modis? Ini dia....
  • Memilih baju yang memiliki akses buka tutup di bagian payudara. Duh, macam jalan menuju puncak yang pakai sistem buka tutup segala ya. Hehehe. Boleh yang model kancing, zipper, atau yang tanpa kancing dan zipper. Memang ada ya yang tanpa repot buka tutup tanpa kancing dan zipper? Ada loh, yaitu kaos oblong. Kalau kaos oblong dibuka, perut kita yang sedikit menggelambir ini bakalan kemana-mana tapi ya 😢. Terlebih untuk para Ibu Muslimah, yang pasti akan lebih repot karena khawatir aurat terumbar kemana-mana. Eh tapi.. sekarang gak perlu khawatir lagi, karena  sudah ada model baju menyusui yang nyaman tanpa kancing atau zipper tapi tetap modis. Nanti saya kasih bocoran contoh bajunya yaa.
    Akses buka tutup yang tersembunyi
  • Memilih bahan yang berkualitas. Karena kualitas bahan akan mempengaruhi kenyamanan Ibu dan bayi dalam proses susu-menyusui. Pilih bahan yang terbuat dari kaos jika akan dipakai pada acara non formal, jika akan dipakai pada acara formal atau semi formal bisa memilih bahan katun yang mudah menyerap keringat. 
Contoh bahan kaos dengan kualitas super, tebal gak nerawang. Walaupun sudah dicuci tapi serat dan bentuk kembali seperti semula
  • Memilih model dan warna. Pilihlah model baju yang tidak terlalu ribet atau rumit. Yang memudahkan gerakan Ibu. Dan pilihlah warna baju yang cenderung netral. Mudah dipadu-padankan dengan hijab (bagi yang berhijab), sepatu atau tas. Selain itu, pilihlah model yang "lifetime" atau bisa dipakai jangka panjang. Jadi pada saat hamil muda, hamil tua, pasca melahirkan, menyusui maupun sudah tidak menyusui atau tidak hamil lagi baju tetap bisa dipakai.  
Contoh gamis basic Lactivers ketika saya pakai
Nah 3 hal yang perlu diperhatikan dalam memilih baju yang nyaman untuk menyusui tersebut memang gampang-gampang-susah ya. Tapi sekarang tidak perlu khawatir, karena saya sudah menemukan model baju menyusui yang akses-able (gampang di akses buka tutupnya dan gampang juga cara belinya), gak gampang keringetan kalau dipakai karena bahannya yang berkualitas dan yang pasti modis, stylist, syar'i (bagi Ibu Muslimah) dan apa lagi selain instragam-able? Asyeiik.

Ini dia brand lokal yang sudah mencangkup aspek-aspek penting tadi. Aman, Nyaman, Mudah, Stylist dan Syar'i. Brand LACTIVERS (Singkatan dari LACTASI loVERS), yaitu brand lokal baju menyusui asal Yogyakarta yang sudah eksis dari beberapa tahun yang lalu, dan pasarnya pun sudah tersebar di seluruh Indonesia.



Mempersiapkan diri memberikan ASI dengan menyenangkan bisa dimulai dari sekarang, ya mom. Tidak perlu menunggu sampai si bayi lahir, tapi bisa dimulai dari awal kehamilan bahkan dari awal program kehamilan. Seperti baju yang saya pakai, tidak hanya bisa dipakai pada saat menyusui saja, tapi pada saat hamil pun tetap nyaman dipakai.

Lalu bagaimana bisa mendapatkan baju Lactivers seperti yang saya pakai?

Bisa cek langsung Official Website Lactivers di www.lactivers.com atau cek Instagram @lactivers.

Atau mungkin berminat untuk menjadi agen? Sangat bisa. Langsung klik saja link nya ya.

Selain mencangkup 3 hal diatas, Lactivers juga selalu mengadakan WOW SERVICE setiap bulannya. Seperti contoh pembelian bulan Januari, barang yang diterima customer dijamin dalam keadaan wangi dan segar. Saya sudah membuktikannya, begitu dibuka kemasannya, waaah langsung dibuat jatuh cinta sama wangi segarnya.

Selain WOW SERVICE, Lactivers juga akan mengeluarkan model terbaru yang selalu beda setiap bulannya. Dan semua model yang diproduksi sangat limited, jadi jangan khawatir akan pasaran banget modelnya, karena memang hanya diproduksi terbatas dan selalu berbeda model setiap bulan.

Lactivers, keren kan? Yuk jangan lupa kepoin Instagramnya, ya mom.

Dengan mempersiapkan diri untuk memberikan ASI seperti melakukan hal-hal tersebut diatas, semoga bisa memperlancar proses menyusui dengan menyenangkan sehingga bayi  sehat dan kenyang, ayah dan ibu pun senantiasa senang dan tenang 😍.
 
Be First to Post Comment !
Post a Comment

Custom Post Signature

Custom Post  Signature
------- I R V I -------