Membuat Dapur Impian Meskipun Lahan Kecil dan Budget Minim






Dapur merupakan area vital dalam sebuah rumah. Karena analogi perjuangan sebuah rumah tangga saja seringkali menggunakan pepatah "jadi kuli macul asal dapur ngebul" (jadi tukang cangkul asal dapur tetep ngebul - bisa tetep makan). Trus, apa hubungannya coba? HAHAHAA

Jadi sebisa mungkin dapur di rumah saya, saya bikin senyaman mungkin. Biar ngebulnya juga enak dipandang.

Dapur yang nyaman tidak harus luas atau peralatan dapur yang mahal. Saya mah gitu, prinsip semurah-murahnya untuk dapat barang sebagus-bagusnya. Kalau mahal bagus ya itu kan wis biasak ya.

Nah, saya mau sharing sedikit tentang penampakan dapur mini di rumah saya. Konsepnya natural, simple, dan jauh dari kata WOW.

Luas dapur yang digabung dengan ruang makan kurang lebih ukuran 3 x 3 meter persegi (eh nanti saya ukur ulang ya, kira-kira segitu)

Oya sebelum, mewujudkan dapur impian, pasti perlu perencanaan dulu. Ini langkah-langkah saya sebelum merenovasi dapur kemarin :

1. Tentukan Lokasi
Pilih tempat yang paling nyaman dan aman. Kalau saya memilih area semi terbuka biar gak perlu pakai exhoust. Dan sirkulasi udara juga cukup, biar gak pengap dan lebih segar karena sambil masak bisa sambil liat pemandangan (pemandangan jemuran maksudnya wkwk). Pikirkan juga untuk instalasi air bersih, air kotor dan listrik, ya. Kalau bisa jangan terlalu banyak bongkar-bongkar karena efeknya ke budget lagi, makin banyak yang dikerjakan budget makin mblendung.

2. Tentukan Konsep
Lebih baik menentukan konsep dari awal, sehingga suasana dapur lebih terasa temanya. Dan kita gak bingung pada saat mulai membeli peralatan dapur. Mau cabi cabi cik kah? mau retro kah? mau monokrom kah? mau minimalis kah? full color? atau yang lainnya. Biasanya, kalau gak ada konsep nanti malah jadi terkesan berantakan. Semua yang dipengenin akan dibeli dan maksa banget dipas-pasin sama perabot yang lain.

3. Tentukan Budget
Ini penting. Tentukanlah budget dari awal juga. Bikin list biaya. Dari tukang renovasi/ bongkar pasang, pemasangan instalasi listrik, air bersih dan air kotor, bayar jasa design interior dan kitchen set misalkan memang perlu. Bikin plafon biaya, misalkan gak boleh lebih dari sepuluh juta. Dari biaya tukang, kitchen set, kompor, dll. Yasudah press dari sana sini jangan sampai lebih dari sepuluh juta. Dan bisa juga dicicil beli barangnya. Yang penting-penting saja dulu gak harus sekaligus beres.

Seperti saya kemarin. Dari awal memang langsung niat pasang kitchen set sama design interior skalian. Karena ngaku gak punya jiwa design sama sekali kalau harus mendesign sendiri. Tapi bagus kan gak harus mahal ya. Saya survey design interior yang terpercaya (tapi terjangkau kantong). Karena pengalaman dulu pernah ketipu sama temen sendiri. Hiks, masa lalu biarlah berlalu. Jadi saya berani bayar lebih asal hasilnya bagus.

Biasa lah namanya kitchen set hampir dimana-mana sama, dari bahan, model, atau warna rata-rata ya kayak gitu. Yang bikin beda adalah service nya. Kebetulan vendor yang saya pesan ini sangat komunikatif, segala design yang diajukan ke saya dan saya minta revisi berkali kali kali kali kaliiii banyaknya tetep dilayani dengan sabar dan profesional.

Selain membuatkan design, mereka juga harus bisa diajak konsultasi, bagusnya bagaimana, cocoknya bagaimana, sesuaikan sama lokasinya, dan ketika saya bilang dengan budget sekian juta itu mereka bisa menyesuaikan dan memberi solusi terbaik.




Design awal (1)

Design awal (1)
Design awal (2)
Design awal (3)

Dari design diatas, akhirnya mana yang saya pilih? Gak ada. Hahahaa

Design satu oke, tapi duit gak nyandak. Terlalu mewah untuk ukuran rumah sederhana milik kami. Skip!

Design dua oke, tapi bikin sempit ruangan. Karena saya gak perlu meja makan, meja makan lama masih bisa dimanfaatkan.

Design tiga, pas banget sama kondisi ruangan saat ini. Karena gak perlu bikin backsplash lagi karena sudah ada bata expose yang sudah dipasang sebelumnya.

Akhirnya saya pilih design tiga tapi dengan revisi sana sini untuk meminimalisir biaya, misalkan table bar bagian atas saya skip, tempat oven, rak gantung, dan atap table bar saya skip juga. Karena untuk saat ini gak penting. Jadi ngirit berapa juta nih, asyeiik.

4. Eksekusi
Jika design sudah oke, tukang sudah oke, duit sudah oke, eksekusi segera. Jangan menunda-nunda, ntar duitnya keburu berubah jadi hermes kw gimane?


5. Dekorasi Sesuai Konsep
Ingat ya, jangan keluar konsep kalau mau mendecor dapur biar makin nyaman. Saya nih dulunya begitu, liatin dapur si A modelnya begini pengen, liat dapur si B pengen juga, eh dapur si C juga kece. Aduuuh jadi pengen semuanya. Seperti prinsip saya tadi, cari barang semurah-murahnya untuk mendapatkan barang sebagus-bagusnya. Mungkin kalau di Jogja ada IKEA daku bakal gak bisa kontrol buat belanja, berapapun harganya yang penting dapurnya Instragamable dan ngehits se jagad sosmed. HAHAHHAA. 

Untunglah disini mentoknya ase hardwer sama inpormah. Eh masih ada pasar beringharjo ding dan pusat barang bekas dimana-mana. Jadi sisa blusukan cari barang bekas murah yang masih bisa dimanfaatkan.

Sekali lagi jangan keluar dari konsep, jadilah diri sendiri. Karena yang make dapurnya kan kita bukan pemirsa yang budiman. Jadi diri sendiri, sesuai konsep dan sesuai budget.

Ini penampakan dapur saya pada akhirnya..



Proses renovasi dulunya area menjahit









Untuk cabinet di atas memang sengaja gak dibuat. Karena budgetnya sudah menyentuh plafon hiks.. dan barang-barang ternyata juga sudah cukup disimpan di cabinet bawah. Jika suatu saat terpaksa butuh tempat baru, dan budget sudah ada, sisa pesan dan pasang cabinet untuk yang atas.

Rak gantung itu pesan di tukang kayu pinggir jalan, 100 ribu dapat tiga biji, lumayan murah kan ya?

Meja makan saya beli duluan dua tahun lalu sebelum punya ruang makan huahaha. Ini pesan juga di tukang mebel. Kayu jati tapi satu set waktu itu hanya dua jutaan. Sudah dapat meja besar dan dua kursi panjang.

Lemari es dan freezer. Lemari es gak saya ganti sebelum benar-benar rusak. Meskipun hanya pintu satu dan ukurannya pun mini, tapi tetap berfungsi. Seberapa banyak sih nyimpan bahan makanan di kulkas? Sebenarnya pengen juga ganti kulkas yang pintunya kayak lemari baju itu wkwkw, tapi ini kulkas jaman kite baru nikah, muatnya di kontrakan cuma kulkas seuprit, mau diganti kok sayang karena penuh kenangan eeeaaaa. Freezer sebelah khusus buat nyimpan ASI Perah anak saya.

Lantainya dari tegel kuntji yang fenomenal ituuuuu. Beruntung saya tinggalnya di Jogja, karena pabrik tegel kuntji ini ada di Jogja. Pre Order dua bulan lamanya, padahal hanya ukuran 2x2 meter persegi. Tapi puas sama hasilnya.

Kompor lama saya hibahkan ke asisten, karena memang sudah gak begitu mantap buat masak memasak. Lagi-lagi kompor jaman setelah nikah dulu, sudah enam tahun, sudah waktunya pindah tangan. Walaupun tetap terawat baik ya. Akhirnya beli kompor tanam dan cukup dua tungku untuk skala memasak ibu rumah tangga yang gak sering-sering banget masak. Seperti yang saya singgung diatas, saya memilih ruangan semi terbuka jadi gak perlu pasang exhoust. Uwis silir.

Dan perabotan lain adalah perabotan lama semua. Dari rak bumbu, panci, wajan dll.

Sekian review dapur mini ala rumah saya.... Ternyata sesederhana itu dapur impian saya 😊.





26 comments on "Membuat Dapur Impian Meskipun Lahan Kecil dan Budget Minim"
  1. seneng liat dapurnya mbak, kebetulan lagi pengen bikin dapur-dapuran...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dapur-dapuran apa dapur beneran mba? Hihi

      Delete
    2. Dapur-dapuran apa dapur beneran mba? Hihi

      Delete
  2. Keren mvak dapurnya...
    Menurutku dapur itu jantungnya rumah.. Hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tks mbak. Semoga jadi makin rajin masaknya yaaa

      Delete
  3. Dapurnya kece Mba. Very inspiring!

    ReplyDelete
  4. Wah, keren dapurnya Mba'. Sayang saya rumah aja masih ngontrak, nyicil rumahnya dulu baru mikir dapur, hihi. Nice sharing Mba'.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2 mba, sy juga dulu ngontrak bertahun2 kok :). Semangattt smoga lekas terealisasi keinginannya, ya! ;)

      Delete
  5. Suka meja makannya. Saya jd pengen renov dapur juga nih. Tp blm ada budget😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tks mbak. Itu juga nyicil dulu belinya itu mba ;D

      Delete
  6. Kereen mbak.. Jadi semangat masak juga ya kalau dapurnya nyaman. Dapurnya instagramable, jadi mikir nanti, masak apa foto-foto ya hihi :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha udah sepaket moto sama masak. Gak afdol kalo belum dipamerin #eeeaa

      Delete
  7. Mbaaa, lucu bgt dapurnyaa.. Suka sama dinding batu batanya, makin cantik ada tumbuhannya.. Jd pingin beberes dapur nih mba.. :D

    ReplyDelete
  8. minimalis tapi keren ya, itulah kalau yg punay jiwa seni pasti bagus

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tks mba Tira, sbnrnya gak ada jiwa seninya babar blas lo mba :D

      Delete
  9. Dapurnya instagramable. Abis masak langsung klik! Hihii..dapur saya juga kecil mba. Kadang2 sumpek juga kalo pas cucian piring numpuk karena 1 tempat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo cucian piring begitu selesai, kering pokoknya langsung masuk cabinet bawah. Biar gak nambahin sumpek.. Anwy, tks sudah mampir :)

      Delete
  10. backsplashnya uasik mbak. itu rak gantungnya dipakai atau hiasan aja mbak? soale kayaknya kok dhuwur temen gitu.

    jogjanya mana mbak? saya orang jogja tapi ga di jogja lagi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dipake buat hiasan skaligus tempat barang mba. Sy 153cm masih nyandak kok, kayaknya tinggi banget ya?

      Daerah banguntapan mba, monggo mampir :)

      Delete
  11. maaakkk, cakep bgd mak, asli, cucookk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Secakep yang komen. Eeh masak sih disamain cakepnya ma dapur. Hahhaaa.. Tks mba Inda

      Delete
  12. Cakeeep banget dapurny mbak. Aku juga pingin punya dapur kereen tapi nanti aja pas punya rumah sendiri.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga segera terwujud ya, tks sudah mampir Liza ;)

      Delete
  13. Bagus mba dapurnya kayaknya bisa diterapkan jg nih di dapur saya, luas dan posisinya udah mirip2 lah

    ReplyDelete

Custom Post Signature

Custom Post  Signature
------- I R V I -------