Mudahnya Mengurus E-KTP Pindahan




Tidak seperti yang saya bayangkan sebelumnya, bahwa untuk mengurus E-KTP itu rumit, njelimet, dan memakan waktu yang lama. Buktinya, saya baru saja mengurus E-KTP dalam waktu kurang dari sepuluh menit. Tapi memang E-KTP yang saya urus adalah E-KTP Pindahan yaa, jadi mungkin itu yang bikin cepet :).

Jadi, sebelum saya pindah kependudukan menjadi warga Jogja, saya dulu sudah pernah melakukan rekam E-KTP di tempat tinggal saya yang lama, sekitar tiga tahun yang lalu. Nah, sebelum E-KTP jadi, ternyata saya juga mengurus pindah kependudukan ke Jogja. Lalu, apa kabar E-KTP saya?

Yang saya heran sebenarnya, kenapa pada saat saya mengurus KTP di Jogja, kok tidak sekalian ya dibuatkan E-KTPnya, saya hanya dikasih KTP model lama. Ya, itu tahun 2013. Dan sayapun tidak begitu paham sehingga saya santai saja gak minta dicetakan sekalian E-KTPnya.

Tahun 2016 ini, ada wacana bahwa pembuatan E-KTP ada batas waktunya, yaitu sebelum tanggal 30 September. Jika tidak, maka akan kesulitan mengurus surat-surat administrasi dalam segala hal. Horor kan? Yah daripada gak tenang, saya pun langsung semangat untuk mengurus E-KTP saya yang statusnya entah dimana.

Berikut langkah-langkah mengurus E-KTP Pindahan :

  1. Langsung datang ke Kantor Kecamatan. Gak perlu pengantar RT/RW/Kelurahan. Catatan : Jika tidak ada perubahan data bisa langsung ke Kantor Kecamatan, jika ada perubahan data dalam Kartu Keluarga, maka diurus lagi dari awal
  2. Membawa Foto Copy Kartu Keluarga. Cukup satu lembar saja, untuk mencocokan data di Kecamatan dan untuk pengisian formulir
  3. Mengisi Formulir yang sudah disediakan oleh petugas pelayanan. Pengisian data acuannya cukup data dalam Kartu Keluarga
  4. Petugas Pelayanan akan mencocokan data formulir yang sudah kita isi dan data Kartu Keluarga dengan data yang ada di Kecamatan
  5. Jika data sudah sesuai, maka kita akan diminta kembali dalam waktu tertentu untuk pengambilan E-KTP 
  6. Selesai 

Semudah itu yaaa..

Nah, Tips biar pengurusannya cepat :
  • Datang sepagi mungkin, untuk menghindari antrian
  • Siapkan fotocopy Kartu Keluarga dari rumah
  • Membawa pena atau bolpoint sendiri, meskipun sudah disediakan tapi aman nya bawa sendiri
  • Mintalah nomor telpon yang bisa dihubungi untuk konfirmasi barangkali E-KTP sudah bisa diambil lebih cepat dari waktu yang telah ditentukan
  • Catat dan ingat baik-baik kapan waktu yang sudah ditentukan untuk pengambilan E-KTP
  • Simpan bukti pengambilan E-KTP jika perlu difoto barangkali tercecer atau lupa
Berkaitan dengan batas pembuatan E-KTP sendiri adalah 30 September 2016, lalu bagaimana dengan proses pencetakan E-KTP yang butuh waktu satu bulan? Oya setiap kecamatan mungkin berbeda-beda ya waktu yang dibutuhkan untuk proses pencetakan E-KTP nya, kebetulan informasi dari petugasnya, E-KTP saya bisa jadi dalam waktu kurang lebih satu bulan. Cukup lama ya. Tapi tidak ada masalah kok cetak E-KTP nya melampaui tanggal 30 September 2016, yang terpenting adalah proses rekam datanya tidak melebihi tanggal tersebut.

Ayo, yang belum mengurus E-KTP, segera saja. Masih ada waktu sampai 30 September 2016.
Prinsipnya, bagi yang sudah pernah melakukan rekam E-KTP, maka tidak perlu rekam lagi, cukup sekali saja meskipun pindah domisili. Nah bagi yang mau mengurus E-KTP dari awal bisa lihat gambar ini. Ayo jangan ditunda lagi dan luangkan waktu untuk mengurusnya, daripada repot nantinya.



Terimakasih atas pelayanan yang ramah, cepat, dan tanggap di Kantor Kecamatan Kotagede Yogyakarta.

Bagian Pelayanan Kecamatan Kotagede


*Source Pict :
http://disdukcapil.langkatkab.go.id/berita/artikel/20-fungsi-e-ktp.html
http://dinpendukcapil.purbalinggakab.go.id/2012/06/ktp-elektronik-e-ktp/
9 comments on "Mudahnya Mengurus E-KTP Pindahan"
  1. Akhir tahun ini KTP saya habis, siap2 antri nih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emang harus disempetin ya, biasanya udah males duluan Zzzz

      Delete
  2. Daku juga baru ngurus pindahan KTP ke Yogyakarta di Kecamatan Ngaglik :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo makinjul.. Bangga jadi warga jogja yak... Hehe :)

      Delete
  3. Abis pindahan, bikin kk baru dan dikasinya ktp lama. Emang belum punya e-ktp sih dari dulu dan besok sudah tanggal 30 september :D btw salam kenal mbak, thanks for share :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal juga mb nanie, selamat bikin e-ktp :)

      Delete
  4. Rencanaku mau ngurus pindah KTP jdi warga Bantul. Tapi kemarin ditahan sama petugas Capilduk. Besok2 aja kalo program EKTP ini beres. Petugasnya lagi pada ribet semua. Jadinya masih pake KTP lama dehh.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini aku juga mau urus kepindahan suami ke jogja. Semoga gak ditahan2 sama capilduknya :D

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete

Custom Post Signature

Custom Post  Signature
------- I R V I -------