#Umroh Ramadhan 2 : Pembuatan Paspor dan Vaksin Meningitis


1. Pembuatan Paspor
Paspor yang digunakan untuk umroh dan haji ketentuan namanya harus 3 suku kata. Untungnya nama saya sudah memenuhi syarat 3 suku kata.. ciye ketauan banget era kelahiran berapa yang menganut nama panjang-panjang ya wkwkkw.

Kebetulan saya sudah (baru) punya paspor dari 2 tahun yang lalu, karena memang dulu tahun 2014 pernah mau berangkat umroh tapi saya ketahuan hamil. Nah, proses bikin paspor jaman saya itu rasanya ribet dan lama dan bolak-balik. Tapi tahun kemarin pas saya nemenin suami bikin paspor di Kantor Imigrasi Yogyakarta cukup cepat dan gak seribet dulu pas saya bikin. Kuncinya sih datangnya pagi-pagi banget biar dapat antrian awal. 

Singkat saja prosesnya, datang ke Kantor Imigrasi, minta formulir dan isilah datanya. Oya sambil bawa persyaratannya sekalian ya biar gak bolak balik. Dan bawalah dokumen aslinya juga biar aman.


Syarat pembuatan paspor :

  1. KTP
  2. Kartu Keluarga
  3. Akta Kelahiran/ Ijazah/ Buku Nikah (lebih baik dibawa semua aja copynya, untuk aslinya bisa salah satu)
Setelah mengisi formulir dan menyerahkan berkas persyaratan, sisa menunggu antrian foto dan wawancara. Jika sudah, maka sisa melakukan pembayaran ke Bank/ ATM BNI..

Untuk pembuatan paspor di Kantor Imigrasi Yogyakarta (kantornya sebelum bandara) bisa transfer melalui ATM BNI di SPBU sebrang Kantor Imigrasi, atau bisa di ATM BNI mana aja sih, hehe. Maksudnya biar sekalian beres. Hehe.

Setelah 3 hari kita kembali lagi ke Kantor Imigrasi untuk mengambil paspor sekalian menyerahkan bukti pembayarannya. Untuk biaya pembuatan Paspor kalau tidak salah waktu itu Rp 355.000,-.

Sebenarnya sekarang sudah bisa dilayani online, tapi infonya sering mengalami kendala pada saat penentuan tanggal kedatangan.

Info lebih lengkap bisa cek di website Direktoral Jendral Imigrasi, bisa klik link ini : pembuatan paspor


2. Vaksin Meningitis
Karena ini adalah kali pertamanya saya pergi ke luar negeri dan jaman bayi saya belum pernah divaksin meningitis, syarat mutlak untuk melaksanakan perjalanan umroh adalah sudah di vaksin meningitis atau sering dibilang harus punya "Buku Kuning". Karena buku vaksinnya memang berwarna kuning.

Menurut informasi, negara Arab Saudi memang menjadi salah satu endemik penyakit Meningitis, oleh karena itu vaksin meningitis sudah menjadi syarat wajib bagi yang akan berkunjung ke sana.

Sedangkan tempat dilakukannya vaksin meningitis untuk umroh dan haji tidak sembarangan. Biasanya dilayani di Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas IV, dan di Yogyakarta tempatnya di Jalan Ringroad Utara No. 08 Maguwoharjo Depok Sleman.

Oya kemarin karena kantor aslinya masih dalam renovasi, jadi untuk sementara pindah di sebrang kantor asli. Karena lewat ringroad, untuk nyebrang saja kita harus putar balik agak jauh sampai depan Lotte Mart, dan melipir ambil jalur lambat sambil jalan pelan-pelan karena kantornya agak-agak gak begitu kelihatan. Khawatir kebablasan malah jadi nanti muter-muter gak jelas. Hehe.

Tanggal 20 Mei 2016

Saya sengaja datang pagi-pagi ke KKP untuk menghindari antrian panjang. KKP hanya bisa dilayani Senin-Jumat jam 8 sampai jam 12 siang saja ya... Nah belum masuk ke kantornya, sudah ada pemberitahuan yang ditempel di pintu gerbang bahwa VAKSIN HABIS! Dan baru tersedia tanggal 01 Juni 2016. Ya Allah..

Padahal saya berangkat tanggal 12 Juni, dan tanggal 01 Juni vaksin baru ada. Padahal katanya minimal sebulan sebelum berangkat harusnya sudah divaksin. Hikss

Tapi, saya gak nyerah..

Saya coba masuk ke dalam kantor.. 

Ternyata gak cuma saya saja yang ditolak, ada beberapa orang yang sedang bersedih dan nampak kecewa. Alasan vaksin habis, katanya stock disimpan untuk persiapan Ibadah Haji. 

Tapi memang mungkin Allah mudahkan saya, akhirnya saya dikasih jatah vaksinnya. Alhamdulillah, setelah para petugasnya berdiskusi agak alot, akhirnya... Dengan alasan waktu pemberangktan saya yang sudah sangat mepet, jadi diprioritaskan. Terimakasih ya.. 

Sedangkan syarat yang harus dibawa pada saat vaksin adalah :

  1. Membawa uang kurang lebih 500 ribu
  2. Membawa Pas Photo berwarna ukuran 4 x 6 (2 lembar), dengan komposisi 80% muka 20% badan. 
  3. Foto copy KTP 1 lembar
  4. Foto copy Paspor bagian depan dan belakang
  5. Membawa air minum karena untuk perempuan akan di tes urine, minum air putih bisa membantu mempercepat pengecekan. LOL. Ada yang jual air mineral sih, tapi kalau bisa lebih hemat ya mending bawa sendiri.

Contoh komposisi fotonya

  Sedangkan untuk rincian biayanya kurang lebih seperti ini :



Prosesnya lumayan cepat :

  • Datang mengisi formulir dan menyerahkan persyaratan
  • Tes urin (wanita hamil tidak boleh vaksin meningitis)
  • Antri menunggu panggilan untuk vaksin. Dipanggilnya gak sendiri-sendiri, tapi sekaligus beberapa orang masuk ke ruangan untuk di vaksin. Oya nanti ditanya apakah sedang menkonsumsi obat-obatan atau tidak, karena dua minggu setelah vaksin dilarang mengkonsumsi ANTI BIOTIK. Karena saya masih rutin mengkonsumsi obat pasca jatuh dari motor kemarin, akhirnya saya tunjukin nama obatnya ke dokternya. Dan dinyatakan aman
  • Saya ditawari vaksin influenza juga, dan saya setuju untuk mengambilnya
  • Untuk vaksin influenza bertahan dalam kurun waktu 1 tahun, sedangkan vaksin meningitis 2 tahun. Jadi, jika tahun depan mau umroh lagi (AAMIIN) saya gak perlu vaksin meningitis lagi
  • Vaksin meningitis disuntikan di lengan kiri atas, sedangkan vaksin influenza di lengan kanan atas
  • Setelah di vaksin, memang agak pegal-pegal, tapi ditinggal tidur aja besok pagi sudah ilang kok

Setelah selesai divaksin, antri lagi untuk pengambilan buku kuning/sertifikat. Setelah buku diterima, cek terlebih dahulu sebelum meninggalkan petugas. Pastikan nama sudah benar, karena pengalaman saya kemarin pengetikan nama ada yang salah, jadi sekalian minta dibetulkan.


Buku kuning ini nantinya dikumpulkan bersama paspor asli dan foto ke Biro Perjalanan Umroh yang sudah kita pillih.

Demikian informasi tentang pembuatan Paspor dan Vaksin Meningitis sebagai syarat jamaah umroh, semoga bermanfaat ya...



Be First to Post Comment !
Post a Comment

Custom Post Signature

Custom Post  Signature
------- I R V I -------