Yuk, Membuat Tas Belanja Sendiri

*current situation : sambil nunggu adonan donat mengembang..*

Marii-mari, ketimbang melamun kita bisa lakukan sesuatu yang bermanfaat. Menemukan ide setelah melihat tumpukan kain blacu sisa bikin apron waktu ultah kakak H kemarin. Sebenarnya ini sangat simple dan biasa banget, tapi bagian paling seru karena kita sendiri yang membuat motif kainnya. Walaupun sedikit pegel-pegel dan belepotan, tapi terbayar kok sama hasilnya. Anggap saja tas ini harganya semahal batik tulis. LOL

Baca juga : Tutorial Membuat Apron Cantik



***



Bahan yang dibutuhkan :
- 1 lembar kain blacu ukuran 100cm x 20 cm (untuk bagian muka, tengah, belakang - lihat gambar 1)
- 2 lembar kain blacu ukuran 40 cm x 20 cm (untuk bagian samping - lihat gambar 2)
- 2 lembar kain blacu ukuran 55 cm x 8 cm (untuk tali - lihat gambar 3)




- Gunting
- Meteran
- Benang + Jarum (Mesin Jahit)
- Cat Poster
- Kuas
- Daun artificial/ daun seledri/ pelepah pisang/ media cap lain

Cara membuat :
- Potong semua bahan sesuai ukuran di atas
- Untuk bahan nomor 1, beri tanda : 40 cm untuk muka, 20 cm untuk bawah, 40 cm untuk belakang = 100 cm
- Selanjutnya kita buat motifnya terlebih dahulu....


Olesi daun dengan cat poster menggunakan kuas, jangan dicelup biar gak ndelemok alias ketebelan


tekan dengan jari tangan, dan gak perlu pakai jari kaki :D.. Lakukan berulang sampai selesai. Pehlis itu jangan fokus ke jari saya hahaha
jemur kain sampai kering


- Bahan sudah jadi, mari kita jahit


Obras semua pinggiran kain, jika tidak ada mesin obras, bisa dengan menjahit zigzag



- Lihat lagi gambar ini :





* gabungkan bahan 1 sisi kanan dengan bahan 2 sisi kiri, begitu juga bahan 1 sisi kiri dengan bahan 2 sisi kanan sampai membetuk tas, kalo bentuknya robot berarti saya gagal membuat tutorial nih hahahaa
* jika bagian-bagian itu sudah tergabung, sekarang jahit bagian atas tas


Lipat bagian atas tas, lalu jahit sampai selesai


  
* bahan 3 untuk tali, gabungkan kanan dan kiri, jahit lurus, lalu balik posisi kain agar jahitan tidak terlihat
* jahit tali dengan bagian tas, jahit berulang agar tali semakin kuat.

- Selesai, gampang kan?





Selamat mencoba :)

** update :
Barusan nyoba buat belanja, dan muatnya buanyak, asiiik





Dan ternyata ada kepuasan tersendiri ketika mbak/ mas kasir nanya "sudah bawa kantong belanja sendiri bu?" Sudaaaaaaah :)


Salam,
Mom of 2
IG | @irvianaayu

20 comments on "Yuk, Membuat Tas Belanja Sendiri"
  1. wah keren jadi pengen bikin juga :D

    ReplyDelete
  2. Aku pusing lihatnya.. minta tolong dibikinin yaa bunda hanan �� #emakgakkreatifnih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makanya jangan dilihat aja bumil, tapi dipraktekin paling tambah pusing, hihi

      Delete
  3. wah keren ya jadinya.
    open order ga mak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe ayo bikin aja mak fitri, sementara blm open order, ini baru iseng2 mak ;)

      Delete
  4. tasnya cantik, bagi ibu-ibu yang punya mesin jahit sepertinya bisa ikut membuatnya di rumah, tapi sayangnya saya gak punya mesin jahit :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener mak, gampang sebenernya nih, dan sepertinya mesin jahit sudah jadi kebutuhan untuk ibu2 sekarang

      Delete
  5. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  6. Kreatif

    Saya punya mesin jahit tapi males bikinnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga moodnya bagai roller coaster mak, kalo lagi rajin bisa seharian mainan mesin jahit, kalo lagi gak mood ya gak kepegang sama sekali :p

      Delete
  7. Lumayan irit dua ratus ribu eh rupiah ding. Artikelnya bermanfaat.jreng

    ReplyDelete
    Replies
    1. 200 rupiah dikali berapa yaa? Lama2 jd banyak ya mbak :).

      Delete
  8. HUhuuuuu...masalahku ada di bagian jahit menjahit :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dulu saya juga gak tertarik sama sekali dengan urusan jahit menjahit mba, tapi semenjak punya mesin jahit jadi kebawa suasana.. Kepengen bikin ini itu :)))

      Delete
  9. Sy dr dulu suka bgt bahan kain blacu ini. Bs jd barang2 apa saja dan selalu keren vintage gitu.. tp syg sy ga tau beli dmn utk di daerah saya ini. Hiks..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget, selain murah juga bisa dijadiin macem2 ya. Dikirim aja mbak kalo susah nyarinya di toko2 kain kulakan biasanya

      Delete
  10. Replies
    1. Gimana sudah berhasil dicoba mbak? ;)))

      Delete
  11. wahh keren sekali Kerajinan tas belanja nya, sangat kreatif

    ReplyDelete

Custom Post Signature

Custom Post  Signature
------- I R V I -------