Resep Membuat Kue Pancong atau Serabi Rangin, Enak!

Jajanan tempo doeloe.. Yang jaman saya kecil dulu penjualnya adalah bapak sepuh keliling naik sepeda. Jadi rindu pengen bikin.... 

Mencoba browsing resepnya... Banyak banget sebenarnya, sisa bingung pake resep yang mana. Pilihlah yang paling simple dan meyakinkan, dan akhirnya saya melakukan percobaan dengan resep ini.






* Bahan :
- 200 gr parutan kelapa, diperas santan nya sedikit biar tidak terlalu basah
- 600 ml santan masak (2 bungkus santan kara @65ml + santan dari parutan kelapa tadi + dicampur air sampai jumlahnya 600 ml)
- 1.5 sdt garam
- 200 gr tepung beras (saya pake rose brand)
- Gula pasir secukupnya untuk taburan
- Minyak goreng untuk olesan cetakan/ wajan
- Cetakan/ wajan khusus

* Cara :
- Foto dulu semua bahan untuk kepentingan dokumentasi atau biar gak dibilang hoax :P
- Campurkan tepung + parutan kelapa + garam
- Tuang santan sedikit demi sedikit
- Aduk sampai rata dan encer (awalnya gak yakin kok ini encer banget, tapi ternyata emang gini)
- Panaskan cetakan, olesi dengan minyak goreng terlebih dahulu.. Lalu tuang adonan.. Masak dengan api kecil.. Bisa ditutup biar cepat matang dan awas gosong! 
- Taburi gula pasir sesaat menuju matang dan setelah matang

*Tips : minyak untuk ngolesin wajannya agak dibanyakin ya.. Saya coba adonan pertama dengan minyak sedikit ternyata agak kerepotan nyuilnya karena lengket, nempel dan berantakan. 

Hasilnya enak kalau menurut saya rasanya sih sudah pas, cuma kalau kebanyakan di tenggrorokan agak kurang nyaman karena banyak mengandung minyak. Satu adonan tadi bisa jadi 25 biji kue yang enak dan murah meriah pastinya. 

Gampang dan simple banget ya... Ayo dicoba! :)






Salam,
Mom of 2
IG| @irvianaayu


22 comments on "Resep Membuat Kue Pancong atau Serabi Rangin, Enak!"
  1. aaaaaaaaa terima kasih resepnya mbaaa, senang sekali pagi pagi dihari minggu ketemu resep kue ini. habis ini langsung ke pasar beli bahan bahannya <3 <3 <3

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga sukses percobaannya ya mbak ika

      Delete
  2. Aku seneng banget kue ini. Di pasar deket rumah masih ada yang jual sih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba bikin sendiri mbak, gampang kok :)

      Delete
  3. kalo kami menyebutnya "broncong" Mbak :)
    rasanya memang enak.. ternyata cara buatnya simpel yah :)

    ReplyDelete
  4. Sukaaaa kue ini. Simpel ya resepnya. Bahan2nya juga mudah. makasiih resepnya, Mak :D

    ReplyDelete
  5. Makanan favoritku bangeet ini Mak. Di Malang sini ditaburin gula bubuk, tp aku sukanya yg ngga pake gula

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak pake gula juga enak ya, gurih soalnya..

      Delete
  6. ini kue susah cari yang jual jaman sekarang nah dapet resepnya asikk bisa bikin sendiri ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, peluang usaha juga kayaknya ni haha... Selamat bikin sendiri, semoga berhasil yaaaa :)

      Delete
  7. Replies
    1. Saya beli di pasar, bagian gerabah2. Atau di swalayan/ supermarket bagian peralatam dapur biasanya ada. Murce gak nyampe duapuluhrebu mak

      Delete
  8. Waaahh...simple ternyata yaaa
    Bisa dicoba nih buat camilan shoji rey :)
    tFS mak :)

    ReplyDelete
  9. Thanks Mak, aku save aaah resepnya, besok2 beli dulu cetakannya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2 mak... Sukses ya percobaan dan pencarian cetakannya :))))

      Delete
  10. Pengen percobaan tp kl pake teflon bisa nggak ya? Jd kue pancong raksasa gt..*maksa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang penting rasanya mbak :) kalo modelnya itu cuma pengaruh ke hasil fotonya, ciamik apa nggilani. Hahaa

      Kalo pake wajan kecil jd sama kaya serabi biasanya itu, ak nggilani kok :p

      Delete

Custom Post Signature

Custom Post  Signature
------- I R V I -------