Nata de Aloe Vera, Segar dan Menyehatkan

~ Disclaimer : bukan judul telenovela, tapi judul minuman yahud bikinan mahmud ~

Segar dan sehat...
Adalah kombinasi yang pas dinobatkan untuk minuman ini.
Nata de Aloe Vera dibuat dari daging lidah buaya yang kaya manfaat. Dengan paduan bahan-bahan rumahan yang jauh dari kata pengawet begitu juga dengan proses pembuatannya yang InsyaAllah halal dan terjaga kebersihannya, jadi aman dikonsumsi untuk keluarga. 





Hari gini cari minuman segar, banyaak. Tapi belum tentu sehat. Awas jangan sampai kemakan iklan-iklan menggoda di telepisyong kesayangan anda.

Lebih baik mari kita buat sendiri minuman segar dengan bahan-bahan yang sangat mudah dan proses pembuatannya pun gampang.

Apalagi Jogja yang alhamdulillah yah panasnya..  *kipas-kipas tutup panci* cocok banget disandingkan dengan matahari yang lagi sale besar-besaran, biar pikiran tetep adem se adem bilik atm.


Bahan-bahan yang dibutuhkan (untuk 1 jar 375 ml) :

- Lidah Buaya (2 batang ukuran medium)
- Air (375 ml - 400 ml)
- Gula Pasir / Madu (5 sdt gulpas atau sesuai selera)
- Garam (2 sdt untuk merendam)
- Daun Pandan (2 lembar)
- Lemon (optional)
- Daun Mint (optional)


Potong 2 batang lidah buaya ukuran sedang, jika ada yang besar lebih baik karena lebih mudah mengupasnya


Kupas lidah buaya menggunakan pisau, ambil dagingnya. Lalu potong dadu.
Rendam dengan air garam kurang lebih 10-20 menit.

Bilas berulang-ulang (3-5 kali) dengan air mengalir sampai lendirnya hilang.

Jika sudah, rebus daging lidah buaya bersama daun pandan dan gula pasir selama 15 menit. Jika gula pasir akan diganti madu, lebih baik pemberian madunya sesaat sebelum disajikan.

Diamkan sampai dingin..... Lalu masukkan ke lemari pendingin.


Keluarkan dari lemari pendingin, campurkan perasan lemon jika ingin sedikit asam, dan masukkan daun mint jika ingin terasa lebih segar.


Rasanya....
Ada manisnya, asamnya, semriwingnya, wangi daun pandannya, dan kenyalnya nata de aloe vera tanpa ada rasa pahit sedikitpun. 

Sebetulnya ada cara lagi biar nata nya ini lebih kenyal seperti nata de coco di supermarket, yaitu setelah direndam dengan air garam, direndam lagi dengan larutan kapur sirih selama beberapa jam.

Tapi selain saya gak punya kapur sirih, juga gak sabar nunggu lama.... Alhamdulillah hasilnya sudah mirip sama pipi akoh eh pipi baby H yang kenyal dan lembut.

Ssssllllllllrrrrrpppp......aaaaakh !!! Selamat mencoba.... :)


Salam,
Mom of 2
IG | @irvianaayu





10 comments on "Nata de Aloe Vera, Segar dan Menyehatkan"
  1. klenyer gt ya mak, kayaknya gmpng nih, jd pgn nyobak, makasih sharenya ya mak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mirip nutrijel ala ala mak...

      Delete
  2. Saya emang biasa beli lidah buaya tapi buat masker rambut bisa juga coba resep ini kl ada sisa lidah buayanya. Seger neh apalagi lg resep dr mahmud heheheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya boleh dicoba nih, huahahhaa mahmud oh mahmud

      Delete
  3. Ini jenis lidah buayanya tertentu apa smua sama ya bu,mau bikin tp masih ragu..heehee dirumah ada yg daunya gede lebar

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang tdk semua lidah buaya bisa dimakan, tp rata2 yg hidup di indonesia yang bisa dikonsumsi. Seperti yg di gambar saua, tp karena belum begitu besar jd kliatan ramping2. Kalo yg dijual di supermarket itu gede2. Coba browsing aja ya jenis2 lidah buaya yg aman dimakan :)

      Delete
  4. Ah besok nyobain :),di rumah banyak lidah buaya tp belum d manfaatkan xixixi

    ReplyDelete
  5. seger banget mbaknya, besok tak coba di rumah ya, thanks btw

    salam
    gabrilla

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selamat mencoba mbak Gabrilla, salam :)

      Delete

Custom Post Signature

Custom Post  Signature
------- I R V I -------