Hebat vs Kasihan

Percakapan ini dimulai ketika dalam perjalanan jemput kakak H pulang sekolah tadi siang.

Kak H : "Bunda, bapak itu kasihan sekali yah" nunjuk bapak tua yang lagi narik gerobak
Bunda : "Kenapa kasihan nak?"
Kak H : "Karena.... kan berat sekali itu bunda gerobaknya....."
Bunda : "Bukan kasihan nak, tapi bapak itu hebat" Kasihan itu kalau Mbak H sudah dibonceng naik motor tapi masih ngeluh capek.. Itu artinya Mbak H kurang pandai bersyukur.. Nah itu baru kasihan. Kalo Bapak tadi hebat nak... Bapaknya tetep narik gerobak meskipun jalan kaki sambil kepanasan... Hebat ya nak ya!

Saya dan suami berusaha menularkan mindset kepada anak-anak tentang penggunaan yang tepat kata "kasihan". Seringkali kita menganggap dan langsung berucap "kasihan sekali dia...." Kepada seseorang yang sepertinya status sosialnya atau nasibnya tidak seberuntung kita. Meskipun niat kita ingin berempati, tapi menurut kami ada kata yang lebih pantas untuk mereka orang-orang yang sesungguhnya luar biasa. Itulah mengapa kami lebih suka memilih kata hebat daripada kasihan. Kasihan pantas untuk orang-orang kaya yang korupsi, untuk orang-orang hebat yang merendahkan orang lemah, orang-orang pandai yang ilmunya hanya untuk dirinya sendiri, orang-orang kuat namun suka menindas, dan orang-orang yang jauh dari aqidah dan tidak pandai mensyukuri nikmat dari Allah SWT.

Hebat adalah kalian yang berhasil survive menjalani hidup dengan ketulusan, kerja keras, namun tetap istiqomah di jalanNya dan selalu mensyukuri setiap lapis keberkahanNya.

Hidup kita semata-mata untuk mengejar kemuliaan dariNya, karena itu adalah kunci kebahagiaan di dunia dan di akhirat.






Pict Source : 
http://firmankurniawan.com/kaya-karena-pandai-bersyukur
3 comments on "Hebat vs Kasihan"
  1. suka sama artikelnya, mbak. perbedaan antara hebat dan kasihan memang beda tipis. tetep semangat memberikan sesuatu yang positif buat anak-anak dan keluarga, mbak

    ReplyDelete
  2. Ya Tuhan, makasih karena udah diingatkan untuk terus bersyukur mbak, makasih banyaaak!

    Salam,
    Aci

    ReplyDelete

Custom Post Signature

Custom Post  Signature
------- I R V I -------