Akhirnya #bebasKPR2015






Salah satu misi penting yang harus terwujud di tahun 2015 adalah BEBAS KPR, yes mari kita wujudkan #bebasKPR2015

Alhamdulillah, beberapa hari yang lalu rumah ini resmi jadi milik kita... it’s finally happening! Gak ngimpi ini kan ya? *plak plak* :lol: setelah lelah mbayarin bunga bank yang gak sedikit itu... dengan nominal cicilan per bulan yang bikin mules... bagi kami si dua pegawai dengan grade biasa-biasa saja yang setiap bulan masih mikir beli tiket pesawat buat ketemuan...

Setelah bisa melewati masa-masa bayar cicilan di tengah bulan disaat saldo sedang rawan-rawannya dan berakhir lunas lebih cepat itu rasanya luwar byasakkk... super legaaaa. Setidaknya bulan depan udah gak ada lagi sms banking kedebet sekian juta ituh :lol:, yeay! Meskipun yang dapat sms suami tapi saya yang shock hehe.


Jadi setelah ngontrak di rumah petak (as rumah kotak sabun) selama kurang lebih 4 tahun, dan Hanin pun semakin besar dengan mainan yang mulai banyak.. rasanya kita juga butuh rumah yang agak gedean dikit.. dan setelah ngumpulin brosur di setiap ada pameran rumah/ tawaran kreditan dari kantor.... setelah bosan ngitung-itung berapa cicilan vs penghasilan yang kita dapat setiap bulan...

Akhirnya berani buat bayar DP rumah dengan sisa uang tabungan karena udah habis buat bayar rumah yang di Makassar. Saat itu kami masih merem soal KPR, merem soal RIBA, tapi melek kalo harga property di kota jogja ini pertumbuhannya sangat pesat. Jadi modal slip gaji aja untuk ngajuin KPR. Beli rumah dengan DP seadanya dari sisa tabungan yang ada, kemudian cicilan mari kita pikir belakangan :lol: .

Seminggu ngajuin KPR langsung goal. Kok cepet banget prosesnya ya? Padahal uang DP belum cukup hahahaa. Syukurnya dapat bantuan adik ipar, duh dasar #kelasmenengahngehe hutang satu buat nutup hutang lainnya wkwkwk jangan ditiru yak.

Maret 2013 kita deal ambil KPR dengan Bank M*ndiri. Saat itu bunga masih 6.75% sampai masa fix 2 tahun, dan sekarang menuju tahun ke-tiga dengan suku bunga 9% sampe Maret 2016 , setelah itu baru ngikutin suku bunga berjalan yang gedenya sudah 2 digit, wawwww!

Apa kabar yang ambil kreditan sekarang ya? Pasti bunganya terus naik. Jadi ngerti betapa besar biaya untuk membeli sebuah rumah petak dengan luas tanah standar perumahan alias hanya 119 meter persegi dengan luas bangunan 50 meter persegi. Belum lagi ketambahan biaya KPR sekitar 20 jutaan atau 40 juta ya? pokoknya banyaklah pada waktu itu. Yah karena gak ada pilihan lain, telen aja deh biaya2 dan bunga yang gak kira2 itu. 

Peristiwa maha penting adalah waktu bulan puasa kemarin, Alhamdulillah kami diketuk pintu hatinya, menyadari bahwa ternyata KPR itu tergolong RIBA. Mau pura-pura gak tau, tapi ya udah tau… mau pura-pura masa bodoh tapi ya malah makin ngerasa dosa, jalan satu-satunya adalah segera melunasi hutang KPRnya. Inget banget… dua tahun yang lalu saya pernah nulis kalo pengen #bebasKPR2015, rasanya emang mustahil tapi

Alhamdulillah kejadian. Dan dua tahun lalu.. saya juga masih inget… pernah nulis pengen #bebasLDR2014 tapi Alhamdulillah belum terwujud, pasti karena Allah punya rencana lain, yakin aja. Jadi, gak usah takut bermimpi.. siapa tau memang bakal kejadian, berdoa dan berusaha kuncinya.. dan semua akan indah pada waktunya. Dulu semangat pengen ngelunasin KPR karena motivasinya malu punya hutang… tapi sekarang motivasinya karena takut dosa, pleus pengen tidur nyenyak di rumah sendiri... dan hutang juga bukan sesuatu yang bisa dibangga2in kan? *jitak-jitak*

Tapi…. Ngelunasin kan butuh duit buat bayar. Sementara gaji kita pas-pasan.. dibela-belain waktu ketemuan gak bisa sering-sering, kamipun tergolong orang-orang yang kurang piknik, nyaris gak pernah liburan… kalo suami pulang yasudah kita nikmati aja di rumah, makan telo goreng, bubur kacang ijo dan teh manis… dinikmati sambil ngliatin anak-anak bermain. Alhamdulillah kami sadar diri, sebelum rumah lunas kami pantang hura-hura. Dan setelah rumah lunas kayaknya juga gak bisa hura-hura sih karena misi berikutnya sudah menunggu.. hahaha nasib #kelasmenengahngehe !.

Kalo dihitung-hitung memang gak masuk akal, duit darimana ya segitu banyak?  Ya maklum golongan #kelasmenengahngehe, uang segitu menurut kita sangat banyak... kalo lagi optimis, ya pasti yakin bisaaaa lunas, tapi kalo lagi centil pengen beli ini itu yaaa... langsung pengen nyerah aja... gak usah dipaksain amat deh, toh kpr baru jalan 2 tahun....

Sebulan kemudian, tepatnya habis lebaran Idul Fitri, Alhamdulillah ada rezeki yang tak diduga2, berterimakasihlah kepada perusahaan tercinta *kedip-kedip* semoga tahun depan bonusnya lebih gede lagi yaah aamiin. Langkah  cepat langsung buat melunasi sebagian hutang, karena kalo kelamaan keburu berubah jad tas sepatu baju dll :lol:, gak boleh gelo liat sisa saldo tabungan karena bonusnya cuma numpang lewat aja.. menatap timeline di path dan instagram... ngeliatin temen-temen yang bisa liburan kapan aja... enaknya idup mereka yang mungkin gak punya beban hutang kayak kita ini ya.. hehe.

Tiga bulan kemudian... tepatnya 21 November 2015 *perlu dicatet biar gak lupa* kami kembali lagi ke bank, dengan membawa segepok duit yang kita kumpulin mati-matian, sambil mikir habis ini kita makan apa ya bebeb? nunggu tanggal 30 kok lama ya.. (eh kemarin ternyata tanggal 26 udah gajian, kok ya tumben hehe). Tiket pulang cari yang murah aja yah, kalo biasanya pake g*ruda, sekarang pake Li*n.. Udah ya beb, uninstall aja tuh path, IG, biar gak ngiri liatin temen2 liburan hihi... unfollow aja tuh olshop-olshop penggoda iman.. blocked aja tuh pin token biar gak gatel transaksi2 mulu...

Agak-agak masih gak percaya... tapi sekali lagi selamat buat kita yang akhirnya resmi punya rumah di Jogja.. insyaAllah akan tinggal lama di kota yang begitu nyaman dan selalu ngangenin.. JOGJA! 

Mari kembali kencangkan ikat pinggang demi bisa pergi Umroh dan daftar Haji tahun 2016! Oooh lebih baik terlambat daripada gak ada niat sama sekali. Semoga dimudahkan.. Aamiin.

Alhamduillah akhirnya #bebasKPR2015 !

mari menabung untuk mewujudkan  #umroh2016 , insyaAllah Aamiin... 

Be First to Post Comment !
Post a Comment

Custom Post Signature

Custom Post  Signature
------- I R V I -------