RESEP KALDU CEKER AYAM (7M)



Ngomongin soal makanan bayi memang selalu menyenangkan. Apalagi menu MPASI Hanan di usia 7 bulan makin beragam. Sudah dikenalin dengan berbagai macam protein (tahu, tempe, ikan, daging – telur belum). Sekarang mau nulis resep kaldu ayam yang selama ini wajib ada untuk penambah cita rasa makannya. Dan ngomongin soal makanan bayi, memang sebaiknya kalau bisa yang alami, tapi saya berusaha tetep ngasih rasa meskipun semua bahan diusahakan yang non pengawet kalo perlu organic sih tapi mahal ya hehe. Bayi juga punya cita rasa, jadi tidak serta merta nyodorin makanan sehat yang hambar… wkwkk, biasanya saya ikut nyicipin juga, dan biasanya juga kalo makannya gak habis, yasudah saya yang ngabisin. Karena sepandai-pandainya ibu memasak, jatuhnya ke perut ibunya juga. Hehee jadi ikut ngerasain juga akhirnya. Kok sayang aja kalo dibuang, soalnya bahan2 yang dipake juga gak murah, yakan yakaaan.


RESEP KALDU AYAM

Bahan :


  • 4 buah ceker ayam kampung. Dapetnya Cuma 4 karena susah nyarinya, biasanya harus seekor belinya. Tapi untuk percobaan kedua saya pakai sebagian dagingnya juga. Dan ternyata hasil kaldunya lebih kental
  •  Setengah biji bawang Bombay ukuran kecil/ sedang, potong kasar
  • 3 siung bawang merah + putih, geprek
  • 2 lembar daun salam 
  • 1 tangkai daun serai 
  • 1 ruas jari lengkuas, geprek 
  • 1 buah tomat (boleh pake boleh enggak) 
  • Air kuranglebih 750ml  



 Cara :
  • Panaskan air sampai mendidih, masukkan ayam, daun salam, daun serai dan lengkuas. Biarkan kira2 setengah jam
  • Masukkan tomat, bawang bombay, bawang putih
  • Tunggu kira2 15 menit, matikan kompor dan saring 
  • Diamkan dulu sampai dingin 
  • Masukkan ke ice cube/ cetakan/ plastik es 
  • Masukkan ke freezer 



          *resep bisa dipakai untuk 1 minggu*
        
Cara menggunakan :

  • Jika sempat, turunkan dari freezer ke kulkas pada malam hari jika akan dipakai besok pagi
  • Jika gak sempat atau lupa, cemplungkan langsung ke panci. Jika disimpan pakai es plastik bisa dialiri pake air kran biar agak mencair
         
Rasanya gurih, Hanan doyan dan selalu lahap makannya. Bukannya sendok yang ngejar2 mulut, tapi mulut yang ngejar2 sendok  :lol:. Yang begini nih yang bikin semangat buat masakin aneka macem makanan buat si bayi. Semangat terus ya nakk…. Biar kuat dan sehatttt. 

Nb : tidak ada resep baku untuk membuat kaldu ayam ini, karena setiap browsing hampir semua bahan2 yang dipake berbeda hehe, intinya sesuaikan dengan persediaan yang ada aja.


Be First to Post Comment !
Post a Comment

Custom Post Signature

Custom Post  Signature
------- I R V I -------