Manajemen ASIP (1)



Cuti melahirkan 3 bulan memang sudah berlalu, tapi masih meninggalkan bekas yang begitu mendalam… lemak-lemak bekas hamil kemarin masih awet aja, haha. Alhamdulillah Hanan badannya sudah makin berisi, berotot, berlipat dan berrrr… bergaya kalo difoto. Seminggu setelah lahiran udah belajar mompa lagi, awalnya pake tangan karena masih serem liat breastpump, iya terakhir make pompa kan bertahun2 yang lalu, jadi musti belajar lagi.  Pertama mompa dapetnya cuma kolostrum, kuning seperti lelehan emas yang sangat mahal harganya, oya asiku baru keluar banyak setelah hari ke3 lahiran, jadi selama 3 hari itu hanya kolostrum dan lagi2 moment bayi nangis kejer karena kehausan/ kelaperan yaaaaa tetap terjadi. Sama seperti Hanin dulu. Hanya saja untuk kali ini emosiku sudah bisa dikendalikan, jadi yakin aja kalo hanan gak akan kenapa2 meskipun asiku baru keluar dikit.


Saya pake (Bpump = Breastpump = pompa asi) merk Philips Avent yang manual. Pertama kali make dapat 100ml, katanya sih termasuk banyak... Alhamdulillah, berarti afirmasi positif bekerja dengan baik. Dan kemudian rutin tiap berapa jam sekali mompa.. setiap memungkinkan utk mompa ya mompa… hanan tidur, rela deh gak ikutan tidur, tapi mompa dulu, kalo udah selesai mompa dan hanan masih tidur barulah ikutan tidur. 


Hari terus berlalu… stock ASIP mulai banyak. Senenggg banget liat botol2 isi asip berjejer rapi di freezer.  Lama kelamaan.. stocknya kok makin banyak, sementara freezer di rumah sangat mini, dan kulkas 1 pintu itu hanya bisa nyimpen paling lama tahan 2 minggu… hikss. Akhirnya saya numpang ke freezer tetangga , makasih ya mamanya rania baik banget udah kasih tumpangan buat asip Hanan. Browsing2… mikir2… ngitung2… mau sewa atau beli freezer aja ya? Kalo sewa rupanya agak mahal, 150rb/bulan dan minimal 3 bulan, kalo beli… memang lebih mahal tapi kalo mau itung2an jadi lebih murah kayaknya. Sempet diskusi panjang lebar sama suami, dan suami awalnya kurang setuju karena bingung nanti mau ditaruh dimana, sementara rumah masih belum selesai renovasi. Tapi setelah si istri si tukang ngeyel ini bilang, pokoknya harus beli freezer, kalo udah POKOKNYA mau diapain juga ya mesti POKOKNYA BELI :D.

Banyak banget yang nanya kenapa asinya bisa banyak? Gak bosen2 saya jawab... niat tulus, berdoa semoga asi cukup, usaha dengan makan-makanan sehat, bernutrisi, dan halal... berusaha untuk konsisten pumping, seberapapun hasilnya, sekali lagi SEBERAPAPUN HASILNYA, pumping terus, berusaha untuk gak menyerah karena pu*ing lecet, berdarah, rambut jadi rontok parah, insyaAllah akan kebayar semua jika liat anak kita tumbuh sehat dan kenyang karena air susu ibunya. Buang jauh2 pikiran negatif, aku kurus... asiku dikit... aku gemuk... aku mau diet... auk ach rempong perah2 segala, emang sapi. haha.. buang deh yg begituan itu, afirmasi positip aja, aku sehat anakku sehat asiku cukup.. aku bisaaa... aku bisa... aku pasti bisa *nih iklan apa ya??*. InsyaAllah setiap kasus per kasus ada solusinya, Allah tidak akan salah mengkalkualasikan rezeki kepada umatnya. Termasuk asi untuk anak kita. Jangan menyerah yaa.. biasanya memang penyesalan datangnya di akhir, karena kalo diawal namanya pendaftaran. InsyaAllah bisa.

Alhamdulillah sisa menghitung hari Hanan pas 6 bulan. Mau wisuda S1 ciye ciyee... semoga jadi nutrisi terbaik buat tubuh dan perkembangan otaknya ya nak, sehat jasmani dan rohaninya. Aamiin. Dan perjalanan masih panjang... sampai dua tahun nanti insyaAllah masih ada terus ASI di rumah ini :).


cek hastag #asiphanan :p


cek hastag #asiphanan :p

3 comments on "Manajemen ASIP (1)"
  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. Mba ngasih ASIp nya pake apa ya? Pengen banget pake dot tapi susah masuknya hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pake sendok, gelas, dan permah juga pake dot tapi anaknya gak mau mba (maap baru baca comentnya)

      Delete

Custom Post Signature

Custom Post  Signature
------- I R V I -------