ke PAPUA


Liburan kali ini kita ke Papua yang awalnya gak direncana. Karena rencana awal kita kan ke Makassar aja... yuk mari kita ikuti ceritanya :p

Sabtu subuh seperti biasa kita ambil flight dari Jogja ke Makassar, sampe disana dijemput ayah lanjut ke kantor ayah, catet ya ini liburan tapi tetep melibatkan kantor hehe. Sampe kantor eeeh laper banget, lupa kalo tadi bangun subuh2  belum sarapan, dan cuma dikasih snack di pesawat. Kita makan coto nusantara yg gak jauh dari kantor. Iiiih cotonya sih gak diragukan lagi, aku aja sampe nambah 2 mangkok kok, ini laper apa laper banget yahh? Lalu balik ke kantor lagi, cek cek kerjaan ayah, udah beres semua lanjut pulang ke rumah..

Bandara Adi Sucipto - Yogyakarta, 21.12.2013

Main di kantor ayah

Baru selesai makan malam dan koperpun belum sempat dibuka, ayah dapet telpon dari bosnya, dikabarin kalo malem ini juga harus ke Papua. Gak tau ini berita buruk atau baik. Awalnya ayah berat hati karena anak istrinya baru aja nyampe, nangis guling2 ntar deh saya kalo ditinggalin. Setelah ina inu, si ayah tetep harus berangkat dan si anak istrinya ini diikutsertakan juga... AKU SAMA HANIN MAU KE PAPUA??? Gak kebayang betapa betapa... betapa jauhnya tapi percaya sih karena si ayah dulu kan pernah dinas disana SELAMA LIMA TAHUN. Jadi rasa khawatir segala macem kayaknya teratasi dengan itu semua. Kayaknya kita semua akan baik-baik aja kok disana, secara banyak temen2 ayah kan disana.

Oke, deal nih kita berangkat. Setelah packing alat yg harus dibawa untuk kerja, kita nongkrong di cargo sampe jam setengah 2 pagi untuk ngirim alatnya itu karena sudah pasti gak bisa dibagasikan saking beratnya. Dan flight kami jam 3 pagi,  sisa beberapa menit aja buat pulang ke rumah ambil koper dan langsung ke bandara. Last minute... untung gak ketinggalan pesawat. Dan baru sempet tidur di pesawat, bangun2 udah mau landing di Sorong dan disuguhi pemandangan nan ciamik ini..

Pegunungan Arfak - Manokwari. 23.12.2013

Bandara Dominique Edward Osok, Sorong.
Transit kurang lebih 40 menit, oya perjalanan Makassar – Sorong kurang lebih 3 jam. Di sini bandaranya masih sederhana... ruang tunggunya imho masih agak kurang nyaman untuk saya yang bawa anak kecil dan bukan backpakeran, bus antar jemput dari waiting room ke pesawat mirip bus jalur empat kalo di jogja hehe.

Bandara Rendani, Manokwari.
Next flight, Sorong – Manokwari sekitar 30 menit. Bandaranya sudah lebih modern dibanding di Sorong. Sampe Manokwari sudah ada temen2 ayah disana yang jemput kita. Kita sarapan coto lagi, gak makassar gak papua sarapannya tetep coto ye, hehe. Agak takjub karena sepanjang jalan banyak banget anjing berkeliaran karena biasanya di jawa kan liatnya ayam. lol. Lanjut ke tempat bekas kosan ayah jaman itu, oooh jadi tau kan anak istrinya kalo ayah pernah hidup disini selama 5 tahun. Lanjut ke bekas kantor ayah, dimana kantornya rame banget karena menjelang natal. Dan disana ketemu temen2 lama ayah yg baik, ramah dan hangat menyambut kami.

Manokwari

Sekitar jam 2 siang kita siap-siap ke BINTUNI, dimana itu? Silahkan cari di google map ajah :)

Jalur darat yang ditempuh bisa sampai 10 jam dari Manokwari ke Bintuni dan yang pasti dengan medan yang gak mudah... agak diragukan juga kemarin apakah aku sama hanin bakal mampu melewatinya. Sempet diminta tetap stay di Manokwari aja sementara suami ke Bintuni.. tapi kan gak enak banget pisah-pisahan.. apapun itu kondisinya pokonya kita harus tetep sama-sama! :)


Let’s start this looong trip!

Manokwari – Bintuni.
Jadi diulangin lagi ya, kita berangkat sekitar jam 2 siang, naik mobil sejenis Hilux atau apalah ini yg rodanya gede-gede haha anak dapur gak ngerti soal permobilan, ini fotonya pas kita baru seperempat jalan, istirahat buat makan.


Aku pikir ini udah setengah jalan, eeeeeh ini baru seperempat jalan lo! *meringis*

Apa Kabar Hanin????

Hanin baik-baik aja pemirsah. Salut 4 jempol lah buat anak ini. Gak mabok ya, padahal biasanya kalo naik mobil kelamaan dan jalannya rusak *kalo hanin selalu menganggap bukan jalannya yg rusak, melainkan mobilnya yg rusak atau sopirnya yang gak pinter... resssss* pasti suka krengki apalah apalah. Hanin, pertahankan kekerenanmu sampe nanti balik lagi ya...!

Sampe Bintuni.... jam 11 malem.. jadi di jalan gak sempet foto2, hihi karena udah gelap malam dan hujan. Yaaah sayang banget gak bisa fiti fiti.. padahal kapan lagi bisa kesini, karena kalo disuruh kesini lagi juga kayaknya gak mau.. :p


Bintuni adalah sebuah kabupaten di Provinsi Papua Barat, terdiri dari beberapa Distrik (Desa). Kotanya sudah mulai ramai, ATM udah ada.. swalayan ada... hotel juga ada. Tapi agak susah nyari makan disini, karena harus hati-hati halal gaknya.. paling sering ya ketemunya sama orang jawa lagi, yang jual ikan bakar atau penyetan. Kalo siang gak ada listrik dan musti pake diesel, jadi pasti kepanasan karena ac mati euy... nah maka dari itu kenapa si ayah diterjunkan kesini, katanya sih... Pak DI mantan dirut kita yang sekarang menjabat menteri BUMN, pernah berjanji bahwa natal dan tahun baru kali ini akan dihadiahi listrik siang malam untuk masyarakat Bintuni. Jadilah menjelang akhir tahun ini si ayah kesini untuk kerja keras demi misi tersebut. Kedatangan kita kali ini (kita? ayah aja kali, kita kan sebagai tim ngrepotin ajah wkwkk) untuk menyelesaikan misi besar tadi, yang baru tahap awal aja.. artinya kemungkinan setelah kita balik ke makassar nanti, ayah bakal bakal bolak balik kesini lagi. Huft, semangat ya pak suwami! Tugas besar menanti..




Bandara Steenkool, Bintuni.
Setelah beberapa hari di Bintuni, akhirnya kita akan kembali ke... Manokwari. Ini pertama kalinya naik Susi Air... horeee dapat tiket, gak lewat jalur darat lagi... tapi serem ya ternyata.. karena pesawat kecil terbangnya gak tinggi-tinggi banget jadi tetep bisa liat pemandangan di bawah, tapi bagus banget ternyata bumi Papua ini. Kerennnn! Berasa lagi syuting my trip my adventure! Haha





Perjalanan Bintuni - Manokwari kurang lebih 40 menit pakai jalur udara, kebayang gak kemarin kita bisa melewatinya sampai 10 jam waktu pake jalur darat??.. *prok prok prok bangga banget bisa ngelewatinnya dengan mulusss*



Bobok cantik di hotel... besok paginya rencana mau langsung check out balik ke Makassar, tapi ternyata gak dapet tiket. Terpaksa nginep lagi sampe 2 malem disini, baru balik Makassar.





Kalo perjalanan Manokwari – Sorong – Makassar ya kurang lebih sama lah kayak berangkatnya, gak ada cerita yg berarti karena cuma duduk di pesawat selama 3 jam.


Selamat datang kembali di Makassar.... selamat datang mesin cuci yg sudah menunggu pakaian kotor segunung. Setelah selesai beres2, baru deh kita tidur nyenyak dan adalah malam pertama tidur di rumah Makassar selama liburan ini. Besoknya kita jalan-jalan cari oleh-oleh, belanja kain, dsb. Dan Minggu siang kita udah balik ke jogja.


Bye Papua... Bye Makassar... Penutup Tahun 2013 yang menyenangkan.. liburan sekalian honeymoon dibayarin kantor?? Aaaah pokoknya - akhirnya aku sama HANIN udah sampe ke PAPUA.. gak cuma liatim di peta betapa jauhnya Papua itu.. Papua yang indah... mungkin suatu hari nanti kita akan mengunjungimu lagi... tapi bukan untuk kerja, tapi untuk liburaaaaan... Raja Ampat ??? semoga bisa kesana :)





4 comments on "ke PAPUA"
  1. hahahhaha... sma buk, aku bru sekali juga ke papua (Bintuni) tapi seru euy...
    pemandangannya yang masih benar2 alami.. :D

    ReplyDelete
  2. Eh ngapain ke bintuni btw? Tapi jauuuh banget gak mau kesana lagii, haha

    ReplyDelete
  3. Les privat, Juwana Tersedia tutor dalam jumlah sangat banyak (Juwana). Testimoni dan harga tepat. Seleksi guru privat bahasa asing Anda sekarang. https://preply.com/id/Manokwari/guru

    ReplyDelete
  4. Duh <3 di manapun kalian berada, selalu bersama dan bahagia terus ya <3

    Salam,
    Oca

    ReplyDelete

Custom Post Signature

Custom Post  Signature
------- I R V I -------