Menuju MPASI 10 Bulan

Gak terasa ya, sudah mau 10 bulan aja anak gadis bunda (Baca : Hanin).
MPASI bulan ke-9 tidak ada yang spesial banget sih. Tapi buat bunda rangkaian acara makan tiap harinya tetap spesial dong.
Tak selamanya mendung itu kelabu... nyatanya... Hanin tidak ada acara mogok makan! Horeee. Cumaaaaaaan *ada cumannya nih*, tetaplah terkadang masih aja ada adegan mingkem mingkem dikit. Hihihi.

Ada menu baru yang rencana mau bunda kasih untuk MPASI 10 bulan ini : buah kiwi, kemarin udah borong kiwi seabreg pas lagi jalan sama ayah, maklum selain alesan untuk bahan menu mpasi Hanin, tapi bundanya juga suka banget sama buah ini. Mumpung banget kan, secara harganya agak ngerogoh kocek ya *ukuran saya* :p *emak matre*



Selain buah kiwi, rencana bunda mau kasih Plain Yoghurt. Tapi sampe sekarang belum sempet jalan buat beli. Berharap si SPM jogja dijual ya. Kalau ada yang tau bisa share kemari ... o.c.e *sungkem*

Menu MPASI 9 bulan kemarin, sudah beberapa kali bunda kenalin sama Keju (dari 8 bulan malahan, hahhaa), Ikan Tuna, Ikan Kakap ( Tapi gak begitu addict karena bau amisnya itu loh, saya sendiri nyaris pengsan ngerumatin ikan-ikan ini. Hiks ).

Barusan browsing, dapat resep untuk memperkaya menu MPASI 10 bulannya Hanin, kayaknya spesial aja nih, soalnya belum pernah bikin.:)

 Pumpkin Risotto with Tomato Cheese Sauce (resep diambil di sini )


Ingredients
  • 50g Bawang bombai, potong dadu
  • 25g unsalted butter
  • 100g Beras putih (cuci sampai bersih)
  • 150g labu, kupas dan potong dadu kecil-kecil (sesuai dengan suapan anak)
  • 450ml air matang
Tomato Cheese Sauce
  • 3 Tomat merah matang (kira-kira 225g), dibuang kulit dan biji dalamnya, kemudian di potong dadu
  • 50g Cheddar cheese, diparut (keju kraft juga sudah cukup enak rasanya untuk membuat saus tersebut)
Method:
  • Lelehkan setengah dari mentega yang telah dipersiapkan dan oseng bawang bombay sampai layu. Masukkan beras dan aduk hingga rata terlumari oleh mentega dan bawang bombay.
  • Masukkan air kedalam panic, tutup dan masak selama 8 menit diatas api besar. Masukkan potongan labu setelahnya, kecilkan api dan masak sampai matang selama kurang lebih 12 menit atau hingga nasi matang. Apabila nasi masih agak keras jangan ragu untuk menambahkan sedikit air hingga matang. Hasil masakkan tersebut akan terlihat berair, jadi jangan panic apabila terlihat lebih basah dari nasi biasa.
  • Menggunakan wajan yang lain, lelehkan sisa mentega yang ada dengan menggunakan wajan ukuran kecil. Masukkan potongan tomat dan oseng selama kurang lebih 2 sampai 3 menit atau sampai layu. Masukkan parutan keju dan aduk hingga meleleh. Agar tomat dan keju menyatu, hancurkan tomat menggunakan bagian belakang sodet. Saus ini akan terlihat seperti saus keju tapi bedanya berwarna merah.
  • Hidangkan Pumpkin Risotto bersama dengan Tomato Cheese Sauce dan aduk rata sebelum memberikannya untuk anak anda.
Additional information:
Suitable from 9 months onward, Suitable for freezing and makes for 4 portions.
Tips: Masakan ini juga cocok untuk dihidangkan sebagai makanan keluarga, kalau ingin rasanya lebih bervariasi tambahkan sedikit ayam yang sudah dipotong dadu dan jamur champignon. 

Demikian review dan pre post untuk menu MPASI Hanin 10 bulan yang jatuh pada tanggal 23 Desember 2011. Besok donggggg ... yeay!
Be First to Post Comment !
Post a Comment

Custom Post Signature

Custom Post  Signature
------- I R V I -------